JawaPos. com – Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh belahan dunia menyebabkan tertekannya produktivitas dan penurunan pendapatan. Wadah virus mematikan ini mengharuskan para besar daerah belajar serius dalam menghadapinya.

Selain dituntut buat bisa menjaga masyarakatnya agar pasti sehat, kepala daerah harus mampu mendorong roda ekonomi agar terus bergerak maju dan diharapkan daerah ini bisa memberikan kontribusi pada menahan laju pertumbuhan ekonomi nasional yang minus 5% agar tidak bertambah parah lagi.

Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Abdullah Azwar Anas mengemukan ini saat melaunching rencana kegiatan tahunan Apkasi Independensi Expo (AOE), 7-9 Juli 2021, secara daring di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (18/11).

“Apkasi Otonomi Expo yang akan digelar tahun depan ini merupakan rencana optimis, seiring dengan distribusi vaksin yang akan mulai disebar & dilakukan penyuntikan massal mulai pokok tahun depan, sehingga pada masa pelaksaan ekspo mendatang kondisinya telah kondusif, ” terang Azwar Anas.

Bupati Banyuwangi itu juga mengajak kepada para tumenggung di masa pandemi ini, untuk mencari terobosan-terobosan dalam mengangkat UMKM agar mereka bisa naik bagian. “Potensi UMKM memiliki daya awet dan daya bangkit paling segera dibandingkan dengan skala industri yang tentu perlu waktu lebih lama untuk melewati masa krisis. Peran pemda di sini, bisa dimulai dengan membuat semacam pelatihan-pelatihan kepada para UMKM sehingga dari daerah inilah diharapkan bisa membuka lapangan kerja dan mengangkat banyak tenaga kerja dari kesulitan ekonomi. ”

Melalaui AOE2021, lanjut Azwar Anas, Apkasi menyiapkan ruang bagi daerah dalam memajang produk-produk unggulannya. Ia menekankan, “Kami daripada Banyuwangi ingin terus bergerak serta menularkan ke kabupaten lainnya untuk semangat bangkit dan percaya muncul, ” ungkapnya.

Penasihat Eksekutif Apkasi, Sarman Simanjorang memasukkan, kegiatan AOE2021 direncanakan akan digelar di Hall A dan B, Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta, 7-9 Juli 2021.

“Tentu sesuai secara anjuran pemerintah dalam upaya mematikan rantai penyebaran Covid19, di di setiap kegiatan pameran Apkasi Otonomi Expo akan diterapkan standar protokol kesehatan dengan disiplin tinggi sehingga event tersebut aman dana nyaman bagus bagi pengunjung maupun peserta pameran. Mari kita manfaatkan momentum AOE2021 ini dengan sebaik-baiknya. Daerah bangkit, ekonomi terungkit, Indonesia Maju, ” ujarnya bersemangat.

Tengah itu, Kepala Divisi Pengembangan Potensi Daerah dan Bisnis Apkasi, Syaifudin Ch Kai mengatakan bahwa AOE2021, merupakan kali ke-15 Apkasi menyelenggarakan agenda kegiatan tahunan penyelenggaraan pertunjukan sebagai bagian dari salah kepala fungsi organisasi dalam memfasilitasi perhatian 416 pemerintah kabupaten di semesta Indonesia, khususnya dalam hal promosi potensi daerah.

“Kegiatan AOE2021 akan diisi dengan berbagai ragam kegiatan, seperti khusus untuk peserta pameran bisa mengikuti kesibukan business matching yang mempertemukan pemkab dengan calon buyer dan investor maupun ikut kegiatan workshop peningkatan kapasitas diri tanpa dipungut imbalan, ” katanya.

Syaifudin menambahkan dalam rangka memotret sifat daerah untuk bangkit di zaman pandemi, salah satu kegiatan AOE2021 akan diadakan lomba karya tulis khusus wartawan baik cetak maupun online di seluruh Indonesia.

Saksikan video menjadikan berikut ini: