MUSUH-MUSUH   Anies Baswedan kembali menggunakan lewat dunia maya. Mereka merekayasa foto gubernur DKI Jakarta tersebut. Membuatnya seolah-olah memegang celana di dan menyertakan narasi bahwa dia hendak minta uang untuk memborong celana dalam perempuan.

’’Kita terlalu fokus ke Gatot. Sampai ngga liat Anies bakal borong celana dlm cewek. Bahan minta duit lagi nih setara pemerintah, ’’ tulis akun Facebook Ibnu Setiawan pada 29 September 2020. Tak sedikit netizen yang menanggapi unggahan tersebut. Ada yang mempertanyakan kebenaran informasi itu. Ada pula yang menganggapnya benar (bit. do/BorongCDwanita).

Kabar itu tentu saja aneh. Selain tak menyebutkan alasan Anies memborong celana dalam perempuan, foto tersebut serupa tampak sebagai hasil suntingan. Terutama bentuk jari telunjuk kiri dengan kurang sempurna.

Bersandar hasil penelusuran melalui situs tandingan gambar, versi asli benda yang dipegang Anies adalah masker menak bercorak putih. Bukan celana pada. Tak sedikit portal berita aliran utama yang menggunakan foto itu sebagai bahan pemberitaan.

Jawa Pos juga mendapati menjepret tersebut diunggah oleh halaman Facebook Anies Baswedan pada 1 Mei 2020. Saat itu sedang dilakukan produksi 20 juta masker buat dibagikan kepada warga DKI Jakarta.

Dalam keterangannya, setiap warga akan mendapat dua kedok secara gratis. Hal itu dikerjakan Pemprov DKI Jakarta sebagai jalan untuk melindungi warga sekaligus menggerakkan roda perekonomian di kampung-kampung. Kamu dapat melihat foto tersebut di bit. do/MaskerBukanCd.

Jawapos. com juga memberitakan pembagian 20 juta masker itu. Menurut Anies, masker dibagikan melalui kelurahan, langsung diteruskan hingga RW/RT. Masker tersebut diproduksi oleh para penjahit lokal yang tinggal di perkampungan. Masker-masker itu akan didistribusikan kepada awak secara bertahap. Anda dapat membacanya di bit. do/20JutaMasker.

—

DATA

Versi sah foto itu, Anies Baswedan sedang memegang contoh masker yang bakal dibagikan kepada 20 juta warga DKI Jakarta.

Saksikan video menarik berikut itu: