JawaPos. com –Menteri Pendidikan & Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim melakukan pengecekan dampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

”Saya datang ke sini untuk melihat dampak pandemi Covid-19 baik di bentuk pembelajaran maupun budaya & ekonomi, ” ujar Nadiem serupa dilansir dari Jarang di Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Rabu (11/11).

Dia menambahkan, iklim di daerah tidak bisa diketahui secara langsung jika hanya dipantau dari Jakarta. Nadiem  akan melihat langsung bagaimana kondisi pembelajaran semasa pandemi Covid-19 di daerah terdepan, terluar, dan terpencil atau 3T.

”Saya ingin tahu langsung apa yang terjadi pada Rote untuk mendapatkan perspektif daripada anak-anak di Rote, ” sebutan Nadiem.

Sebelumnya, Gajah juga memantau langsung kondisi penelaahan di Palu, Gianyar, Ubud, & lainnya. ”Mungkin akan ada berbagai pulau-pulau di Timur yang akan saya dikunjungi untuk benar-benar merasakan seperti apa sistem pendidikan kita dan seperti apa ekonomi budaya berbagai macam tempat di Indonesia, ” terang Nadiem.

Sekolah yang dikunjungi Mendikbud dalam Rote adalah SMK Rote Barat, SD Inpres Oehenak, SMPN 3 Lobalain, SMAN 1 Lobalain, & TK Pembina. Nadiem juga mengunjungi sejumlah perajin kain tenun & sasando. Dalam kunjungan itu pihaknya ingin mendengarkan aspirasi dari peserta didik, pendidik, dan juga motor budaya.

Saksikan video menarik berikut ini: